Cara Mengatasi Flashdisk tidak Dapat Mengcopy/Memindahkan File Besar

Haloo ...
Kali ini saya akan membagikan sebuah tutorial untuk anda yang mengalami masalah dengan flashdisk , artikel kali ini akan memberikan solusi kepada anda yang mengalami masalah berupa contohnya tidak dapat mengcopy file berukuran besar, padahal kapasitas penyimpanan yang kosong dari flashdisk tersebut sangat besar dan memungkinkan untuk melakukan perpindahan/pengcopyan data yang ukurannya dibawah kapasitas flashdisk anda.







Untuk mengatasi masalah tersebut anda tidak usah bingung , karena pada artikel ini saya akan memberikan solusi sederhana untuk masalah itu .

Sebelumnya anda harus tau apa jenis format dari FlashDisk anda , apakah itu FAT32 atau NTFS , dan jika ada format yang lain ??

Nah.. kita akan membahas dahulu apa itu FAT32 dan NTFS ...
FAT adalah singkatan dari File Allocation Table yang artinya Tabel Alokasi Berkas adalah sebuah sistem berkas yang menggunakan struktur tabel alokasi berkas sebagai cara beroperasinya.
NTFS adalah kepanjangan dari New Technology File System, yang merupakan sebuah sistem berkas yang masukkan oleh Microsoft dalam kumpulan sistem operasi windows NT, yang terdiri dari Windows 2000, Windows XP, Windows Server 2003, Windows Vista, Windows 7. Sistem berkas NTFS memiliki sebuah desain yang sederhana tapi memiliki kemampuan yang lebih dibanding kelompok sistem berkas FAT.

Dari penjelasan diatas , sudah jelas yang lebih baik(menurut saya) adalah NTFS , karena memiliki banyak kebelihan dibandingkan dengan jenis FAT/FAT32.

Jika anda sudah mengetahui hal diatas , coba anda hubungkan Flashdisk anda yang tidak dapat mengcopy/move file berukuran besar tadi ,dan lihat apakah jenis  dari File Systemnya.
-Klik kanan Flashdisk anda , dan Pilih Properti


Jika Flashdisk anda berjeniskan file Systemnya FAT/FAT32 , maka disitulah masalah yang membuat Flashdisk anda tidak dapat mengcopy/move  file berukuran besar.

Untuk mengatasinya lakukan Format Flashdisk tersebut , namun jangan lupa untuk melakukan Backup . Lakukan Format dengan mengganti jenis File System nya dengan cara berikut ini :
1.Klik kanan Flashdisk anda
2.Pilih Format
3.Saat muncul beberapa Pilihan , isikan Nama untuk Flashdisk anda , dan ubah Jenis File System Menjadi NTFS

4.Lalu Tekan Start untuk memulai Format.
5.Setelah selesai , anda sudah bisa mengcopy/move  file yang berukuran besar tadi




Sangat mudah bukan ?? Jika masalah anda telah bisa diatasi , tentunya hanya bermasalah di Jenis File Systemnya saja , namun jika masalah anda tidak kunjung selesai , mungkin anda bisa mencoba cara lain yang mungkin lain waktu akan saya bagikan disini.

Semoga bermanfaat ..
Terima kasih sudah berkunjung ...
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!