Ulasan Lengkap Tentang Resiko Melakukan Root di Android

Haloo ...
Banyak sekali saya temukan berbagai pertanyaan tentang root diberbagai komunitas android yang saya sendiri sudah bergabung didalamnya, berbagai pertanyaan tentang root ini biasanya muncul dari orang-orang awam yang baru tau dan baru ingin melakukan rooting pada android yang mereka miliki, dan oleh sebab itu mereka yang cerdas akan lebih mendahulukan untuk mengetahui apa itu root, apa saja manfaatnya, dan tentu apa saja resiko jika melakukan root.

Yang membuat saya ingin menulis artikel ini adalah, sering kali saya temukan pertanyaan diatas terutama dengan pertanyaan "Root itu bahaya gak sih?", perlu anda ketahui terlebih dahulu, bahwasanya setiap tindakan tentu akan ada resikonya tidak terkecuali melakukan rooting pada android yang selalu anda genggam setiap harinya.

Android merupakan sistem operasi terbuka untuk dimodifikasi dan dikembangkan oleh siapapun atau yang biasa disebut dengan Sistem Open Source, untuk mendapatkan akses bebas dan terbuka untuk melakukan modifikasi pada android ini tentunya anda harus sudah mendapatkan akses root, namun sebelum mengambil langkah untuk melakukan rooting pada android, ada beberapa resiko yang harus anda ketahui terlebih dahulu.

Apa saja sih resiko melakukan root pada android ?

Resiko Melakukan Root di Android

1. Garansi Akan Hilang

Inilah resiko utama dari melakukan root pada android anda, garansi yang anda miliki akan otomatis hilang, pikirkan saja ... jika saja anda melakukan root dan kemudian terdapat masalah pada android yang anda punya padahal masa garansi masih berlaku, namun untuk menggunakannya anda sudah tidak diperbolehkan hanya karena mendapatkan akses root, rugi sekali bukan ?

2. Berkurangnya Keamanan Sistem

Jika anda melakukan root, tentu akan membuat Si Android menjadi terbuka sistemnya secara keseluruhan yang dapat mengakibatkan mudahnya berbagai virus untuk masuk dan mengacaukan sistem yang ada pada perangkat anda.

3. Penggunaan yang tidak tepat

Nahh .. ini yang biasanya terjadi pada setiap pengguna yang asal-asalan ketika sudah mendapatkan akses root, mereka akan melakukan berbagai tindakan yang mereka anggap asik dan menyenangkan namun tidak mengetahui resiko yang dapat mengancam perangkat android mereka, contoh saja ketika melakukan Oprek terhadap android yang mereka miliki, hanya karena nafsu ingin melakukan sedikit perubahan sistem malah membuat perangkatnya tidak bisa digunakan sama sekali karena terjadinya bootloop ataupun hal lain yang dapat merugikan, oleh sebab itu setiap tindakan yang anda ambil lebih baik lakukan backup untuk berjaga-jaga.

4. ROM bawaan menjadi tidak stabil

Untuk pengguna dengan android kitkat dan dibawahnya mungkin jika melakukan root akan lebih stabil dan meningkatkan performa perangkat mereka, namun lain halnya dengan Lolipop serta tingkatan android diatasnya, tidak sedikit yang malah mendapatkan bencana pada android mereka setelah mendapatkan akses root, seperti lemot dan tidak stabilnya rom bawaan yang mereka gunakan, namun hal ini tentu dapat diatasi dengan cara mengganti sistem dengan Custom ROM.

5. Gagal Update Otomatis

Untuk beberapa perangkat yang sering melakukan update OS nya secara berkala, ini akan menjadi masalah kepada user yang memiliki akses root, terlebih jika akses root yang terdapat pada perangkat android digunakan untuk menghapus dan mengganti berbagai sistem yang ada, akan menjadi masalah saat update OS yang telah disediakan vendor nantinya, karena berbedanya sistem yang terdapat pada perangkat yang harus di update, dan kemudian gagal update untuk versi OS berikutnya.

Demikianlah artikel tentang Ulasan Lengkap Tentang Resiko Melakukan Root di Android, Semoga bermanfaat dan membantu ...
Terima Kasih sudah berkunjung ..

0 Response to "Ulasan Lengkap Tentang Resiko Melakukan Root di Android"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan agar disetujui admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel