Cara Membuat Flashdisk Boot Table / Boot Table USB Untuk Windows dan OS Lainnya

Cara Membuat Flashdisk Boot Table / Boot Table USB Untuk Windows dan OS Lainnya - Untuk anda yang memiliki PC tanpa adanya slot DVD tentunya akan memiliki kendala untuk melakukan penginstalasian ataupun penukaran OS pada pc yang anda miliki, adapun berbagai cara yang dapat digunakan untuk mengganti OS adalah dengan memanfaatkan si penyimpanan mini yang biasa disebut dengan Flashdisk.


Pemanfaatan Flashdisk untuk melakukan instalasi windows sangat banyak ditemukan, hal ini bisa saja sering terjadi karena memang penggunaannya sangat mudah dan mendukung untuk semua perangkat. Perangkat PC tanpa slot DVD akan menjadi terbantu dengan menggunakan flashdisk sebagai jembatan untuk melakukan instalasi windows ataupun OS lainnya.

Flashdisk dapat digunakan untuk instalasi os seperti windows ataupun linux dengan syarat harus sudah menjadi boot table usb, boot table usb adalah salah satu cara yang dapat anda gunakan untuk mengubah flashdisk menjadi pengganti dari DVD instalasi. Tentunya hal ini akan semakin membantu anda dalam melakukan instalasi pada setiap windows yang akan diinstall.

Berikut adalah cara mudah untuk membuat boot table usb windows ataupun OS lainnya.

Cara Membuat Flashdisk Boot Table / Boot Table USB Menggunakan Rufus

Adapun hal yang harus anda persiapakan adalah sebagai berikut :

- Flashdisk Kosong atau Siap untuk di Format.

- file .ISO dari OS yang akan anda install, untuk mendapatkan file iso ini anda bisa mendownloadnya secara gratis yang sudah disebarkan di google.

- Download Aplikasi Rufus pada link berikut : Rufus 2.18 Official.

Langkah kerja

1. Hal pertama yang harus anda lakukan adalah melakukan penginstallan aplikasi rufus terlebih dahulu di PC anda.

2. Kemudian hubungkan flashdisk yang akan dijadikan boot table usb ke pc sebagai alat pemrosesnya.

3. Lalu buka aplikasi rufus yang telah anda install sebelumnya, maka secara otomatis aplikasi tersebut akan mendeteksi flashdisk yang sudah terhubung dengan pc anda.

4. Selanjutnya anda bisa langsung memilih file iso dari OS yang akan anda install dengan cara menekan logo disc pada bagian kanan Iso image.

5. Setelah pemilihan file iso selesai, jangan lupa untuk mengubah jenis file system menjadi NTFS, hal ini berguna untuk dilakukan karena jenis file system NTFS ini akan membantu proses mencari lebih cepat dibandingkan dengan menggunakan jenis file system FAT32.

6. Kemudian tekan Start untuk memulai proses, tunggu proses boot hingga selesai, biasanya ini akan memakan waktu yang cukup lama, jadi biasakan untuk bersabar.

7. Setelah proses selesai dengan tulisan Ready! pada rufus, maka flashdisk sudah siap untuk digunakan sebagai boot table usb untuk instalasi windows ataupun OS lainnya.

Menggunakan Flashdisk boot table untuk melakukan instalasi windows ataupun os lainnya adalah cara alternatif untuk anda yang mengalami permasalahan dengan slot DVD ataupun yang tidak memiliki Slot DVD sama sekali, tentunya hal ini akan sangat menghemat uang saku daripada harus membeli DVD eksternal.
Buka Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

!