Cara Mengatasi Baterai HP Yang Bocor Menjadi Normal Kembali

Cara Mengatasi Baterai HP Yang Bocor Menjadi Normal Kembali - Baterai hp yang bocor sudah menjadi hal yang sering terjadi, hal ini biasa terjadi dikarenakan berbagai faktor penggunaan yang terlalu ekstream, atau juga mungkin bisa disebabkan oleh daya tahan dari kekuatan baterai memang lemah dan tidak awet untuk pemakaian jangka panjang.
atasi baterai hp bocor
Adapun berbagai alasan klasik yang sering membuat baterai hp rusak dan bocor adalah pemakaian yang tidak wajar, terlalu berlebihan dan bahkan tetap digunakan pada saat dalam keadaan charging.

Baterai bocor ini dapat kamu ketahui dengan beberapa ciri-cirinya, seperti pengisian daya baterai yang sangat cepat dari normalnya namun ketika di pakai beberapa waktu saja sudah habis dan drop, pengisian baterai yang labil atau sering berubah-ubah persentasenya menjadi naik dan turun, dan adalagi yang merasakan ciri-ciri baterai bocor adalah pada saat persentase baterai masih dalam keadaan dimana hp tetap hidup namun tiba-tiba mati, seperti masih puluhan persen namun hp mati mendadak.

Beberapa alasan yang mungkin bisa menjadi salah satu faktor yang membuat baterai pada hp bocor dan tidak tahan lama, berikut adalah ulasannya.

Penyebab Baterai HP Bocor

1. Sering Menggunakan Power Bank

Power Bank yang selalu menjadi pilihan alternatif untuk mengisi daya hp dikala tidak adanya arus listrik akan selalu digunakan oleh setiap pengguna hp, apalagi ketika keadaan mendesak dan memang dibutuhkan. 

Namun yang harus kamu tahu adalah bahwa penggunaan Power Bank yang terlalu sering dan berlebihan(ada arus listrik namun masih menggunakan power bank) tentunya akan berakibat sesuatu yang cukup fatal, arus daya yang diberikan oleh Power Bank tentu tidak akan senormal arus daya listrik secara langsung, maka hal ini tentu akan membuat kualitas baterai yang ada pada hp akan terpengaruh, penggunaan yang terlalu sering akan membuat baterai hp kamu bocor dalam waktu singkat.

2. Penggunaan Saat Charging

Banyak para pengguna hp yang tidak akan melepaskan genggamannya terhadap hp yang dimilikinya, hal ini tentunya akan membuat kita akan menggunakan hp dalam keadaan apapun. Salah satu hal yang sering dilakukan pengguna hp adalah penggunaan ketika dalam keadaan charging, terlebih bagi pengguna yang gila game.

Penggunaan hp ketika dalam kondisi mengisi daya tentu tidak dianjurkan, karena ini akan membuat arus keluar masuk yang ada pada baterai terpengaruh tidak stabil dan hasil yang akan diperoleh tentu kualitas baterai yang ada akan turun, dan dalam waktu singkat kemungkinan baterai akan mengalami kebocoran.

3. Kehabisan Seluruh Daya

Membiarkan penggunaan hp hingga mati total sebenarnya tidaklah baik untuk dilakukan, hal ini akan mengakibatkan baterai yang ada menjadi benar-benar tidak memiliki daya. Penggunaan yang terlalu ekstrem tentu akan memberikan dampak yang tidak baik.

Akan lebih baik jika penggunaan hp hingga mencapai batas 10 persen dan kemudian akan dianjurkan untuk melakukan charging, jika daya yang ada pada baterai habis secara keseluruhan, ini akan membuat kualitas baterai menjadi berkurang dan berakibat baterai menjadi bocor.

Cara Menormalkan Baterai Yang Bocor

Ini adalah cara yang dapat anda lakukan terhadap baterai hp yang bisa dilepas / removable, bukan baterai hp yang tertanam dikarenakan praktek yang akan dilakukan akan diharuskan untuk melepaskan baterai dari hp terlebih dahulu. berikut adalah cara memperbaiki baterai hp yang bocor.

1. Lepaskan baterai dari hp terlebih dahulu.

2. Kemudian rasakan suhu yang ada pada baterai, jika masih terasa panas kamu bisa mendiamkan terlebih dahulu hingga kondisi suhu baterai dingin kembali.
3. Lalu masukan baterai hp tersebut kedalam plastik, dan bungkus hingga tidak ada lubang yang membuat udara dapat masuk.

4. Selanjutnya kamu bisa memasukan baterai yang sudah dibungkus dengan plastik tadi kedalam freezer atau mesin pendingin / kulkas, biarkan hal ini terjadi setidaknya sekitar 8 hingga 12 jam.

5. Jika sudah, kamu bisa mengeluarkan baterai dari freezer tadi, kemudian buka kembali bungkus plastik yang ada pada baterai.

6. Diamkan kembali baterai di tempat yang memiliki suhu normal, biarkan hingga baterai kembali bersuhu normal/bersuhu standar ruangan, hal ini akan lebih baik jika menunggu sekitar 2 jam hingga suhu baterai normal kembali.

7. Kemudian pasangkan baterai tadi ke hp kamu, jangan hidupkan hp terlebih dahulu, namun lakukan charging hingga penuh, dan jika perlu dilakukan charging setidaknya dalam waktu kurang lebih 8 jam.

8. Jika sudah, hidupkan hp yang memiliki permasalahan pada baterai tadi menggunakan baterai yang sudah dilakukan perbaikan, biasanya baterai akan kembali normal.

Cara yang disampaikan pada langkah diatas umumnya dapat memberikan efek positif terhadap baterai yang bocor, dan kebanyakan orang yang menggunakan cara tersebut akan merasakan dampak yang baik, tentunya kualitas baterai akan lebih baik dari kebocoran sebelumnya.

Namun jangan terlalu berharap jika kualitas baterai akan sama layaknya baterai baru, tentu kualitas baterai yang ada akan sedikit berbeda dan kurang dari seharusnya, namun hal ini tentu sudah cukup untuk membuat kualitas baterai menjadi normal kembali, setidaknya bertahan cukup lama jika dibandingkan dengan keadaan bocor sebelumnya.

0 Response to "Cara Mengatasi Baterai HP Yang Bocor Menjadi Normal Kembali"

Posting Komentar

Berkomentarlah dengan bahasa yang sopan agar disetujui admin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel