Cara Mengatasi dan Mencegah Hilang Ingatan Beserta Penyebabnya

Penyebab dan Caa Mengatasi Hilang Ingatan - Hilang ingatan (Amnesia) adalah sebuah keadaan atau kondisi seseorang yang mengalami keadaan sulit dalam mengingat sebuah hal yang pernah terjadi dalam hidupnya, berupa hal nyata/fakta ataupun hal yang terjadi dimasa lampau yang pernah terjadi, dan juga hilang ingatan (amensia) juga dapat mempengaruhi otak untuk sulit mengingat hal baru.
Sering orang menganggap bahwa hilang ingatan terjadi karena adanya benturan dikepala ataupun terjadinya pukulan yang cukup keras pada bagian kepala, namun sebenarnya hilang ingatan juga dapat terjadi disebabkan oleh berbagai macam kondisi yang bisa meliputi seperti penyakit HIV, tuberkulosis, gangguan pada kelenjar tiroid, dan sifilis, yang jika tidak segera dilakukan penanganan yang benar akan dapat menyebabkan terpengaruhnya kinerja otak dan juga termasuk pada pusat memori.

Penyebab Hilang Ingatan

Hilang ingatan biasanya terjadi akibat benturan yang terjadi dibagian kepala (cedera dibagian kepala). Hal yang dapat terjadi setelah terjadinya benturan ini tentunya dapat membuat hilang ingatan baik itu hanya dalam jangka pendek ataupun dalam waktu jangka panjang.

Lain dari pada itu, hilang ingatan juga dapat disebabkan oleh beberapa hal lainnya, seperti :

1. Stroke

Hal yang biasa terjadi pada penderita Stroke adalah terjadinya penyumbatan atau pecahnya pembuluh darah pada otak yang akan menyebabkan aliran darah ke otak terhenti. Tentu hal ini akan dapat menyebabkan terjadinya kurangnya fungsi dari kinerja otak yang dapat membuat hilang ingatan, baik itu jangka pendek atau jangka panjang.

2. Anoksia Otak

Anoksia otak bisa disebut juga adalah gangguan karna kekurangan oksigen pada jaringan otak. Kondisi seperti ini dapat di pengaruhi oleh serangan jantung, gangguan pernapasan, hingga keracunan karbon monoksida. Tentunya hal ini akan dapat menyebabkan hilang ingatan karena fungsi memori pada otak kurang maksimal.

3. Penyakit Alzheimer

Penyakit yang biasanya terjadi pada orang berusia lanjut ini tentunya juga dapat mempengaruhi kinerja otak untuk mengingat dan juga bisa menyebabkan hilang ingatan. Penyakit Alzheimer ini dipengaruhi oleh penurunan kemampuan koognitif karena gangguan dan fungsi sel pada otak.

4. Obat-obatan

Obat yang dikonsumsipun juga dapat mempengaruhi terjadinya hilang ingatan, karena sebagian obat yang biasanya digunakan untuk obat penidur, pereda nyeri, anti depresi dan lain sebagainya jika dikonsumsi secara berlebihan tanpa anjuran dokter akan membuat penurunan fungsi utama memori pada otak yang akan mengakibatkan terjadinya amnesia atau hilang ingatan, baik dalam jangka pendek ataupun jangka panjang.

5. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol dalam waktu singkat akan membuat orang merasakan mabuk dan hilang ingatan sementara, namun hal lain akan terjadi jika anda mengkonsumsi alkohol secara berlebihan dan dalam waktu jangka panjang, bisa saja anda akan mengalami hilang kesadaran dan hilang ingatan dalam jangka panjang.

Cara Mengatasi Hilang Ingatan

1. Akibat Cedera Pada Kepala

Jika hilang ingatan yang terjadi disebabkan oleh cedera yang terjadi dikepala, hal ini pada umumnya tidak perlu dilakukan tindakan berlebihan tetapi hanya perlu menunggu waktu yang tidak akan lama untuk penyembuhan.

2. Akibat Stroke

Untuk penderita stroke yang hilang ingatan dapat melakukan beberapa kali terapi yang bermanfaat untuk mengingat kembali ingatan, lakukan berbagai aktifitas yang sebelumnya pernah biasa dilakukan agar ingatan secara perlahan pulih.

3. Hilang ingatan karena konsumsi obat

Jika hal ini yang menjadi penyebabnya maka hal yang bisa anda lakukan adalah dengan cara mengganti obat yang biasa dikonsumsi pada penderita hilang ingatan.

4. Stress, Trauma, atau Depresi

Gangguan hilang ingatan ringan atau berat yang disebabkan oleh poin ke-4 ini biasanya akan dapat diatasi dengan melakukan perawatan untuk menangani depresi ataupun pemberian obat antidepresi.

Cara Mencegah Hilang Ingatan

1. Hindari Mengkonsumsi Alkohol secara berlebihan

2. Jangan konsumsi obat diluar anjuran dokter

3. Lindungi kepala dengan berbagai cara yang sewajarnya (Helm saat berkendara)

4.Cari bantuan Medis

Berbagai anjuran, saran, dan cara-cara diatas yang diulas pada artikel kali ini untuk mengatasi hilang ingatan dan berbagai upaya yang dapat dilakukan untuk mencegah ataupun menghindari terjadinya hilang ingatan dapat anda manfaatkan untuk hal tersebut.

Untuk lebih jelasnya akan lebih baik jika anda langsung mengunjungi dokter spesialis untuk mengetahui pasti apa sebab dan solusi yang cocok untuk mengatasi masalah anda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel